,

.

Program Kasir Retail System (POS)


Program Kasir Retail System (Point Of Sales) adalah aplikasi untuk pendataan (inventori) barang dan penjuala (kasir) di bidang usaha dagang. Secara umum, aplikasi ini menangani tentang jual-beli barang yang meliputi semua jenis produk, penyimpanan data klien (customer), data supplier dan pelaporan (reporting).

Dalam perkembangannya, Point Of Sales (POS) dapat dibuat sebagai suatu sistem dengan menggunakan sebuah jaringan komputer yang dioperasikan oleh komputer utama dan dihubungkan dengan beberapa terminal checkout POS. Istilah ini dikenal dengan nama Sistem POS. Pada dasarnya, sistem POS adalah cara all-in-one untuk melacak arus kas keuangan. Sistem POS memerlukan sebuah aplikasi atau software agar sistem tersebut berjalan sempurna untuk menjalankan proses transaksi dengan cepat dan sistematis yang berorientasi meningkatkan market interest dan pelayanan terhadap konsumen.
Optimalisasi pengolahan data, kecepatan saat proses transaksi, hemat waktu dan relevan dalam bertransaksi saat ini menjadi sebuah tuntutan dan kebutuhan. Bagi orang awam, istilah Point Of Sales (POS) mungkin kurang familier. Namun jika mendengar kata Kasir, kata tersebut sudah sering didengar bahkan mungkin sering berhubungan saat membeli sesuatu di minimarket atau swalayan.
Saat ini, software Point Of Sales (POS), transaksi jual beli tidak lagi hanya sekedar mengkalkulasi harga yang harus dibayar konsumen, transaksi penjualan (retails), namun lebih dari itu aplikasi itu berfungsi juga untuk menangani pengolahan data transaksi pembelian (Purchases), transaksi hutang (liabilities), transaksi pengembalian pembelian (purchase returns), dan pelaporan seluruh transaksi (reporting) dan masih banyak lagi proses data yang lainnya.
Fungsi Point of Sales (POS) itu sendiri :
  • Mendata setiap transaksi secara lengkap dan detail sehingga dapat menjumlahkan hasil penjualan pada hari itu.
  • Dapat melakukan cek stock barang secara acak kapanpun. Hal ini mengurangi kecurangan atau kurang ketelitian karyawan
  • Laporan Profit usaha dapat diketahui secara online dan real time
  • Mengganti harga jual secara cepat. Misalkan musim atau waktu tertentu, sepeti menjelang lebaran.
  • Omzet dan Inventori dapat dilihat secara online dan realtime.
  • Dapat mengetahui persediaan barang apa yang masih memiliki stok lumayan banyak sehingga anda dapat memberi perhatian lebih khusus seperti promo khusus.
  • Mempersingkat proses transaksi.
  • Menjaga keamanan transaksi.
Keuntungan menggunakan sistem Point of Sales (POS)
  • Dapat menganalisis data penjualan, mencari tahu seberapa baik semua item yang dijual untuk menyesuaikan order pembelian selanjutnya.
  • Dapat mempertahankan rekapitulasi penjualan untuk membantu menyesuaikan keputusan order pembelian untuk tren pembelian konsumen musiman.
  • Dapat meningkatkan akurasi harga dengan mengintegrasikan bar-code scanner dan kemampuan otorisasi kartu kredit dengan sistem POS.
Perangkat keras (Hardware) POS juga ikut berkembang untuk mempermudah input-output data transaksi bisnis seperti All-In-One Workstation, BackOffice Servers, Barcode Scanners, Check Readers (MICRs), Graphical Customer Displays, Handheld Data Collection Devices, Signature Capture Devices, dll.


Untuk anda yang membutuhkan  Program Kasir Retail System (POS), silahkan lihat info disini atau klik disini, atau yang mau konsultasi dan pesan silahkan klik disini atau disini.



Related Posts:



0 comments:

Post a Comment